6.19.2011

tentang cerita umi disuatu sore

 Kuliah jauh dari rumah itu memang banyak ga enaknya, jauh dari orang tua, rumah, atau adek-adek kecil. Ga setiap hari bisa ketemu orang tua, atau sekedar mendengarkan celotehan adek kecil. Kuliah jauh dari rumah juga membuat kita sering tersiksa gara-gara kangen pengen masakan ibu atau sekedar nyubit pipi tembem adek kecil bahkan gara-gara kangen bantal atau selimut kesayanngan.  Yah, namanya juga kuliah jauh. Dan apesnya, saya mengalami hal seperti itu.
Yah, jarak 645 kilometer itu telah berhasil membuat saya (yang sebelum mesantren ) tidak setiap hari ngobrol atau sekedar bermanja-manja dengan ibu --saya memanggil beliau dengan kata umi --.

 Padahal anak sulung tapi manja ini masih sering minta dianterin kekamar mandi kalo pengen kencing ditengah malam, apalagi kalau habis nonton film horror, bias-bisa saya merengek sama umi biar ikut masuk kedalam. Payah? Sangat.
Tidak heran jika umi adalah orang yang selalu ingin saya ajak berbagi, begitu juga umi. Sering kali kita mengisi cerita-cerita diwaktu luang atau nasihat-nasihat ynag membuat saya merasa beruntung mempunyai seorang umi seperti beliau.
Gara-gara jarak yang terpisah cukup jauh itu membuat saya hanya bisa menikmati  nasihat beliau dari kotak kecil yang bernama handphone. Biasanya kami saling menelpon di sore hari, dan setiap perbincangan itu, beliau selalu membuat saya lupa tentang  capek akan permainan jadwal kuliah. Ya, it’s my super mom.
           Tapi obrolan sore ini agak sedikit berbeda, umi membicarakan tentang pernikahan. Padahal saya sendiri agak malas untuk saya bicarakan. Mungkin karena saya merasa bulan depan saya sudah masih 20 tahun, atau saya masih ingin menikmati kodrat sebagai anak, bukan sebagai suami. 
           Dalam obrolan itu suara umi terdengar sangat bersemangat merencanakan acara pernikahan tersebut, mulai dari konsep acara, tempat, dan bahkan tentang kuda yang nantinya saya tunggangi, katanya umi ingin melihat saya naik kuda ketika saya menjemput putri yang nantinya bisa menjadi teman hidup saya, sangat ke-sinetron-an memang. Tapi yah itu umi saya. Selanjutnya Obrolan dan cerita sore itu masih tentang rencana pernikahan yang beliau lihat di TV. “biar kamu seneng ris.” Itu jawaban umi kenapa beliau sampai repot-repot begitu. Dan saya pun kembali menjadi pendengar setia tentang  fantasi beliau
            Dari cerita sore itu, saya sadar satu hal. Betapa umi merencanakan segalanya buat anak sulungnya ini. Yang membuat saya mengerti bahwa umi menginginkan saya menjadi yang terbaik. Dan mungkin obrolan beliau tentang “kuda”  adalah  sesuatu yang kuno atau bahkan norak. Tapi saya tahu, umi hanya ingin memberikan saya yang terbaik dan sangat berharap saya bahagia.
Love u mom…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar